---------- ---------- Bakaeror Hidayat

---------- --

Sabtu, 28 Maret 2009

Asli.. ini penemuan saya...!! P3K untuk Flashdisk kena Virus

Pernah mengalami kehilangan file gara-gara virus? Panik? sampai nangis-nangis karena putus asa? Saya pernah. Dengan sedikit semangat tersisa, otak berfikir:
Virus ini menyerang system windows. File2 yang sepertinya hilang itu ternyata masih berada di flashdisk. ini bisa dibaca melalui properties yang masih menggambarkan kalau Flashdisk ini masih berisi file2 yang cukup buanyak. Dugaan saya, file2 tadi tidak terhapus. tapi disembunyikan. untuk mengelabuhi saja.
Sempat terpikir untuk membuka dengan OS lain. sebab, pasti virusnya nggak aktiv. Logis,to?
tanpa sengaja terpikir untuk membaca dengan software Nero. Lho..kok..? Tunggu dulu, Dul... belum selesai cerita ini....
Logikanya sederhana saja... Virus yang berlaku di OS Win, tentunya hanya menyerang OS Win.
Untuk membaca dengan OS Lain, tentunya membutuhkan waktu dan belum tentu kita punya OS lain, seperti Linux atau Mac. Akhirnya jatuhlah pilihan saya ke program Nero. Saya tancepin lagi flashdisk, setelah di scan dan terlihat cuma beberapa saja file yang tersisa, saya membuka Nero. memasukkan CD Blank. seperti biasa, saya klik option Make Data CD dari menu Nero.
kemudian saya klik add file di menu sebelah kanan atas. browse saya arahkan ke flashdisk yang terkena virus tadi dan..... jreeng.... File yang disembunyikan virus kelihatan semua. tapi oops tunggu dulu.. jangan langsung di burning. select semua file yang sudah terdaftar untuk di burning. klik kanan - properties. hilangkan contreng di kotak hide . Maka secara otomatis, nero dengan caranya tersendiri akan me re name file2 tersebut. Kalo sudah kelihatan semua file, hapus file2 yang mencurigakan. Lanjutkan burning seperti biasa. dan ... walaah... say my name guys.. File anda terselamatkan dan tersimpan dalam CD . Kalo sudah yakin tersimpan semua file dalam CD, jangan lupa memformat flashdisk yang terkena virus tadi. CD yang terkena virus tadi, bisa dimasukkan ke CD ROM lagi lalu scan dengan antivirus lagi... kale aja ada yang masih sembunyi geto lochh...
Ini benar2 saya alami sendiri. mungkin ada orang lain melakukan hal serupa namun nggak mau sharing...

Tidak ada komentar: