---------- ---------- Bakaeror Hidayat

---------- --

Selasa, 30 November 2010

BERFIKIR EXTREME


Weits, tunggu dulu, saya nggak mengajak anda menjdi extrimist dalam hal negatif.
Adalah suatu hari saya begitu suntuk, cupek, pikiran buntu untuk mendasain cover CD milik klien. Mungkin karena dari proses pengambilan gambar dilokasi sampai tahap penyelesaian akhir terkesan "dikejar deadline". hingga otak saya yang sebenarnya sudah berat ini harus istirahat dulu dengan cara nonton acara di TV. kebetulan acara yang nongol waktu itu Extreme sports.
Terinspirasi dari acara2 yang nggak lazim tersebut saya mencoba mengimport cara2 mereka dalam memecahkan kebuntuan2 ide yang dibatasi oleh aturan2 yang dibuat oleh sekelompok orang. Saya melihat orang bermain snowboard di udara. melayang2 dengan bebas dan enjoy.Mereka bahkan lebih bahagia daripada mengikuti kompetisi snow board dijalanan , padahal mereka belum tentu ( bahkan nggak memungkinkan ) dapat penghargaan. they just enjoy what they did.Atraksi2 mereka tampil dengan natural dan nggak didramatisir. film2 semacam ini yang saya kagumi.
Setelah nonton tayangan itu, saya seakan terpacu untuk membuat hal2 baru dalam desain saya. Ide harus cepat2 dituangkan sebelum menguap dan hilang bagai asap.saya mencoba untuk out of frame. Karya seni nggak boleh dibatasi jika ingin menunjukkan karakternya.
inilah pesan saya untuk pribadi : Berpikirlah bebas dalam berkarya, jangan terlalu mengikuti aturan2 baku yang sudah ada. Jika memang itu bisa membuat karyamu kelihatan lebih indah.
Banyak diluar sana orang2 malu memakai barang murahan diantara barang2 lux. artinya mereka terjebak dalam kondisi yang membuat mereka sulit mengembangkan diri dan takut untuk disebut 'tidak profesional' . Padahal menurutsaya, dalam berkarya , yang terpenting adalah output bukan sekedar input.
Itulah mengapa sampai saat ini saya masih merasa penting untuk mendokumentasikan pesta pernikahan walaupun hanya memakai HandyCam sekelas TRVnya Sony.kiar2 hampir 8 tahun camera ini menemani saya. Kalaupun kalah di input, output harus tetap menang. Kalaupun kalah di peralatan, tekhnik pengambilan harus di optimalkan. Maka, sebagai finishing touch nya, saya akan garap itu cover CD dengan gaya saya . out of frame. extreme designer..
itung2 juga akan menjadi dokumentasi dengan harga alternatif murah, hehehe..☺

Tidak ada komentar: