---------- ---------- Bakaeror Hidayat

---------- --

Selasa, 24 November 2009

Tontonan yang bermutu



Kemarin sempet nonton lagi film Brave Heart yang dibintangi oleh Mel Gibson di Global TV. Menurut saya ini adalah film dengan drama yang tidak pernah membosankan untuk ditonton lagi. Mel Gibson memang sering membuat film2 bertemakan kepahlawanan yang dikemas dalam kesederhanaan jalan cerita, namun cukup menyentuh untuk ditonton. Aktor ini benar benar2 layak sebagai penghuni jajaran papan atas di Hollywood, bahkan di kelas Internasional.
Dalam Brave Heart,seperti ada sedikit kesamaan jalan cerita dengan film Gladiator yang dibintangi oleh Russel Crowe. Saya sempat berfikir kalau Film gladiator juga terinspirasi dari flm Brave Heart dan The Patriot nya Mel Gibson. Sama2 Cerita Heroik berlatar belakang dendam pribadi.
Bandingkan dengan Film Indonesia, Sebenarnya disinini amat banyak cerita2 heroik yang layak untuk diangkat ke layar lebar. Dari pengamatan saya, Mungkin masih ada 3 film yang benar2 diangkat dari kisah heroik, yakni Wolter Monginsidi yang dibintangi oleh Roy Marten(1983),Cut Nyak Dien yang dibintangi oleh Cristine Hakim (1988) , Gie yang dibintangi Nicholas Saputra (2005).Mungkin masih ada judul2 film lainnya. tapi tidak seheboh film2 tersebut. Televisi kini hanya disuguhi sinetron sinetron yang cuma menyulut emosi keduniaan dan memupuk 'Jaim' saja. Kalo sudah begini, mana bangsa ini bisa memiliki jiwa kepahlawanan lagi jika yang menjadi tuntunan adalah tokoh2 sinetron semacam ndoro Doso , atau perempuannya melempem seperti Inayah....

Tidak ada komentar: