---------- ---------- Bakaeror Hidayat

---------- --

Kamis, 05 Juli 2012

CARA MEMANGKAS BANDWITH INTERNET UNTUK MENGHEMAT PAKET KUOTA INTERNET PRABAYAR 
          Berinternet dengan komputer murah meriah, kini tidak harus ke Warnet. Cukup akses dari rumah dengan memakai PC atau laptop yang ada. . ( Agak berat nih nulisnya, soalnya Warnet saya tutup juga gara2 banyak pelanggan yang beralih ke modem praktis ini, gan..)
          Penyedia jasa layanan internet juga sudah mulai bersaing harga. Kali ini ISP ( Internet Service Provider) yang saya pake adalah ESIA dengan produk AHA-max-d . maaf bukan bermaksud promosi. Tapi untuk saat ini, dengan harga 99 ribu ( yang membengkak jadi 110 ribu di konter HP terdekat). Inilah paket termurah yang bias saya temukan. Saat ini. Dengan membeli voucher isi ulang seharga 25 ribu di kantor resmi ESIA yang ada di kota Malang, saya mendapat kuota 600MB dengan masa aktif 1 bulan. Waktu itu saya isi pas tanggal 30 Juni, maka akan berakhir 30 Juli 2012.
          Pertanyaannya sekarang: Bagaimana saya harus survive agar bisa exixt online, ber FB ria, main YM dan browsing informasi selama 1 bulan dengan kuota 600MB ?
        Setelah mencari2 informasi, buka2 trick sana-sini lewat mbah Google, akhirnya lahirlah “jurus’ baru saya.

 1.dalam pemakaian internet, hindarilah pemakaian yang bisa mengakses data2 berukuran besar ( image , flash , dll) dengan cara setting pada menu option di browser Internet yang dipakai. Dalam hal ini saya pake Mozilla . caranya : masuk menu tools – options – content . kemudian hilangkan centang pada kotak load image automatically .
Well, saya kira itu dapat menghemat penggunaan kuota yang ada saat ini . sebab dengan tidak mengakses gambar2 secara otomatis tentunya akan menghemat bandwith, yang seterusnya bisa menghemat penggunaan kuota internet.

 2. pakailah layar monitor LCD. Ini akan menghemat pemakaian LIstrik yang harus kita bayar tiap bulan. Dengan begitu anda bisa mengalokasikan dana untuk beli pulsa atau menambah kuota internet kita.

3. Jika ingin melihat gambar / foto di Facebook, klik kanan pada gambar – klik view image. Maka gambar akan tetap tampil walaupun pada menu browser sudah di setting untuk tidak mengakses gambar.

 4. Jangan narsis-narsis.. dikit-dikiit aplod foto, soalnya kegiatan Upload dan Download image juga memakan kuota internet gan…

5. gunakan internet seperlunya saja. Untuk sekedar tahu saja, tiap karakter huruf itu bernilai 8 byte. Maka ketika kita mengakses 10 huruf kita bisa mengkonsumsi 10 byte. Kalau mau total, I halaman page ada berapa huruf… silahkan total sendiri, gan… ☺

 6. Pantau terus penggunaan kuota internet anda. Dalam ha lini saya juga meluangkan waktu untuk mengaetahui sisa kuota internet . Dari sini kita bisa merencanakan penggunaan sisa kuota secara bijaksana .


Itu dulu tipsnya Gan .. kalu ada yang mo memperbaiki dan nambahin silahkan …

Tidak ada komentar: